Alpokat Bisa Jadi Unggulan Rejang Lebong

Alpokat Bisa Jadi Unggulan Rejang Lebong

\"Wahono

CURUP, BE - Kabupaten Rejang Lebong yang dikarunia alam yang subur, seharusnya memiliki buah yang bisa menjadi unggulan untuk membawa nama baik Rejang Lebong. Salah satu buah yang bisa menjadi unggulan Rejang Lebong tersebut adalah alpokat seperti yang disampaikan Ketua Komisi II DPRD Rejang Lebong, Wahono SP.

\"Buah alpokat dari Rejang Lebong ini, sudah lama dikenal lebih baik dengan alpokat dari daerah lain,\" ungkap politisi Golkar tersebut.

Dengan keunggulan alpokat Rejang Lebong tersebut, Wahono menyarankan agar pemerintah melakukan pengembangan dan mengangkat alpokat sebagai salah satu produk unggulan di Rejang Lebong. Selain bisa untuk dikonsumsi menurut Wahono buah alpokat juga bisa dijadikan sebagai bahan kosmetik.

\"Dengan keunggulan yang kita miliki dan kegunaan alpokat yang bukan hanya untuk dikonsumsi, sudah seharusnya kita mengembangkan buah ini untuk menjadi unggulan kita,\" jelas Wahono.

Dijadikannya alpokat sebagai buah unggulan Rejang Lebong juga sejalan dengan salah satu program yang diusung Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi dan Wakil Bupati H Iqbal Bastari SPd MM yaitu bibit gratis. Dengan memberikan bantuan bibit Alpokat kepada masyarakat maka pengembangan alpokat di Rejang Lebong bisa dengan mudah dilaksanakan.

\"Kita dari DPRD siap menganggarkan, silahkan masukkan kedalam APBD Perubahan nanti,\" tambah Wahono. Namun Wahono mengingatkat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menguntungkan petani, bibit yang diberikan nanti adalah bibit yang berkualitas jangan sampai bibit asal-asalan. Selain itu ia juga meminta disertai dengan sarana prasanan pendukung yang baik seperti tujuan pemasaran juga harus disiapkan jauh-jauh hari. Salah satunya bisa dengan membangun auning khusus untuk penjualan buah-buahan sehingga bisa memudahkan petani untuk memasarkan.

\"Kawasan Danau Mas, sebagai jalan lintas sangat cocok untuk kita bangun auning tempat penjualan buah-buahan asal Rejang Lebong ini, sehingga masyarakat dari luar Rejang Lebong bisa lebih mengenal buah lokal Rejang Lebong ini,\" tambahnya.

Karena menurut Wahono, jangan sampai dua kabupaten yang sebelumnya bagian dari Rejang Lebong yaitu Lebong dan Kepahiang lebih dahulu mengenalkan bah lokal. Bahkan menurut Wahono Rejang Lebong sudah bisa dibilang tertinggal dari dua kabupaten tersebut, karena Labong dan Kepahiang sudah lebih dahulu mengenalkan buah unggulan mereka seperti Jeruk Gerga dari Lebong dan Pisang dari Kepahiang. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: